Meminjam bahasa marketing, pelanggan adalah Raja adalah sebuah ungkapan yang menempatkan posisi pelanggan pada kedudukan utama. Seberapa penting kedudukan tersebut dapat Anda terjemahkan?
Bila Anda ambil esensi dari tulisan Value Of Customer tercemin bagaimana seharusnya kita ‘maintain’ pelanggan kita, bagaimana pelanggan menjadi bagian tidak terpisahkan dari keputusan penting yang diambil.
Kata kunci 1 adalah Pahami Kebutuhan Pelanggan dengan benar, bagaimana cara kita memahami itu ada banyak cara, salah satunya adalah Quesioner tentang kepuasan pelanggan. Disisi lain memahami kebutuhan pelanggan akan menyebabkan pelanggan akan terdorong umtuk memilki sikap setia dalam memilih produk atau jasa yang dipasarkan.
Kata kunci 2 adalah jadikanlah Pelanggan sebagai bagian marketing Anda, kadang tanpa Anda sadari bahwa pelanggan Anda menjadi sales untuk produk dan jasa yang Anda pasarkan, mengapa demikian bisa terjadi, karena pelanggan mendapatkan kepuasan atas apa yang diberikan oleh produk / jasa Anda. Dari mulut ke mulut dan dari kepala pelanggan yang setia tersebut tanpa pamrih memperkenalkan dan melakukan penetrasi pasar atas produk Anda, tanpa mereka sadari.
Kata kunci 3 adalah Gunakanlah e-Business sebagai sarana untuk meningkatkan jaringan bisnis Anda, tanpa Anda sadari bisnis melalui dunia Informatika, seakan bisnis tanpa batas. Sadarilah dunia IT telah menyebabkan banyak keuntungan dari piranti dan fasilitas ini.
Kata kunci 4 adalah berpikir inovatif dan kreatif, sangatlah penting Anda menyadari akan pentingnya sebuah inovasi baru bagi kelangsungan bisnis, bisnis akan survive bila kita menyadari akan inovasi-inovasi baru, hal ini mempunyai dampak terhadap kepuasan pelanggan.
Seberapa tinggi Value bisnis Anda dihadapkan para pelanggan Anda tergantung Anda meletakan kata kunci 4 menjadi dasar bisnis Anda. Dan jadikan kata kunci 1, 2 dan 3 sebagai anak panah untuk membidik target bisnis yang telah kita rencanakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar